Berpikir Eksponensial dalam Berbisnis

Bisnis Eksponensial
Dalam menjalankan sebuah bisnis pemikiran kita jangan berpikir linear, kalau penghasilan ingin eksponensial maka pemikiran kita pun harus eksponensial. Contoh kasus, Jika ingin mendapat modal 10 juta untuk buka cabang baru, dan keuntungan yang bisa disisihkan untuk mengumpulkan modal itu dari bisnis yang sedang dijalani adalah 50.000 / hari. Maka kita harus meunggu hingga 200 hari ke depan.

Padahal jika anda berpikir eksponensial maka anda bisa saja tidak perlu menunggu hingga 10 hari. Pertama, anda harus jujur dalam jual beli atau berbisnis, karena dengan kejujuranlah usaha kita akan berkah, ingat keberkahan akan membuat bisnis kita bisa cepat berkembang. Bukan sebaliknya, menghalalkan berbagai cara untuk memperoleh keuntungan Karena harus menabung sebanyak Rp. 50.000 / hari (dalam contoh kasus diatas). Kejujuran bisa membuat bisnis kita berpenghasilan eksponensial. 

Kedua, Bersedekahlah atas apa yang anda terima, sekecil apapun penghasilan anda, maka anda harus bisa menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk bersedekah. Secara hitung-hitungan matematika, kalau uang keluar dari dompet kita maka uang kita akan berkurang, tidak! Jiak anda keluarkan uang itu untuk bersedekah! Allah sudah berjanji dalam Al-Quran, bahwa jika sesorang bersedekah maka dari yang disedekahkan itu akan dilipatgandakan. Ingat hokum kekekalan energy, energy tidak bisa dihancurkan, hanya bisa diubah bentuknya. Begitu juga dengan energy sedekah/member, maka energy memberi itu akan berubah menjadi energy yang menghasilkan bagi si pemberi. Bersedekah bisa membuat bisnis kita berpenghasilan eksponensial. 

Ketiga, amalkan sholat berjamaah di masjid di awal waktu. Dan amlakan sholat sunat tahajud, dhuha dan lainnya. Setelah sholat tersebut, maka berdoalah dengan setulus-tulusnya kepada Allah SWT. Minta agar usaha kita diberkahi. Insya Allah penghasilan dari bisnis kita akan eksponensial. Sholat akan menjauhkan usaha kita dari kemudharatan, dan manjadikan usaha kita menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Jangan sampai meninggalkan sholat karena tanggung sedang melayani pembeli atau lainnya yang sejatinya melalaikan diri kita dari sholat. 

Ingat segala sesuatu harus bersabar, tidak ada yang instant untuk mencapai kesuksesan! Mungkin hari ini hingga beberapa tahun ke depan kesuksesan belum didaptkan, tapi ketika sampai pada saatnya, maka bisnis kita akan melesat bagai roket! Selamat berpikir eksponensial!


Baca juga artikel lainnya dengan kategori Inspirasi Bisnis