Bersyukur itu Berbuat yang Terbaik

Entrepreneur Bersyukur
Ada seorang pekerja yang baik, rajin, setia, tapi dia tidak mau keluar dari zona nyaman mereka, maka niscaya dari tahun ke tahun pengembangan diri akan terhambat, berkembang sih.. tapi tidak signifikan. Ada juga seorang pebisnis yang merasa berkecukupan dengan apa yang dia terima sehari-hari.



Dia tidak mau melakukan ekspansi bisnis. Katanya yang penting kebutuhan diri terpenuhi. Kalaulah diukur oleh materi, mungkin penghasilannya naik secara linear dan perlahan. Betul sih.. itu tidak menjamin bahwa dia tidak bahagia, mungkin saja secara penghasilan dia biasa-biasa saja, tapi secara kerohanian, batiniah dia merasa bahagia, tenang dan tenteram.

Tapi yang namanya bersyukur itu bukan berarti menunggu dan pasrah atas apa yang diterima. Jika kita punya potensi lebih untuk berbuat yang lebih, tapi tidak dimanfaatkan untuk kebaikan umat dan orang-orang disekitar kita itu bukan bersyukur namanya, tapi kufur, karena Allah sudah memberi potensi yang sangat besar kepada setiap manuasia, pilihannya ada pada manusia itu sendiri, apakah dia mau menggunakan dengan sebaik-baiknya sebagai ungkapan rasa syukurnya kepada Allah, atau malah mengkufurinya dengan tidak memaksimalkan potensi yang dimiliknya. 

Potensi manusia yang tidak terbatas itu sering dibatasi oleh paradigma-paradigma salah yang dimundulkan oleh pribadi itu sendiri. Perasaan minder dan tidak percaya diri salah satu penyebabnya. Tidak ada alasan bagi manusia untuk tidak percaya diri dan minder, kita hanya boleh merendahkan diri kita di hadapan Allah. Untuk di hadapan manusia kita sebatas merendahkan hati saja, agar tidak menjadi manusia yang sombong. 

Saatnya untuk out of the box! Keluar dari zona nyaman anda! Orang-orang yang punya potensi lebih tapi tidak mau berbagi kepada sesamanya adalah orang yang egois. Egois itu dilarang agama, potensi dirinya dipergunakan hanya untuk dirinya sendiri. Padahal jika anda seorang pekerja, dan mempunyai potensi lebih, tidak ada salahnya kalau dia punya jabatan. Jika anda seorang pebisnis dan punya kesempatan untuk melakukan ekspansi, maka segeralah lakukan ekspansi bisnis anda! Karena dengan melakukan ekspansi, minimalnya anda akan merekrut karyawan baru sehingga bisnis anda jadi lebih bermanfaat bagi orang disekitar anda. 

Masih mau jadi orang yang egois dan kufur? Atau ingin segera menjadi orang yang bersosial dan bersukur? Tentukan pilihan anda!

Baca juga artikel lainnya dengan kategori Pengembangan Diri