Bisnis adalah Ibadah

Bisnis adalah Ibadah
Berbisnis adalah salah satu kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Berbisnis adalah salah satu bentuk pekerjaan yang dilakoni oleh berjuta-juta manusia. Baik bisnis kecil maupun bisnis besar, pada dasarnya adalah bertujuan untuk memnuhi kebutuhan manusia, terutama yang berbentuk materi. Dengan berbisnis maka kita akan menghasilkan uang, dimana uang tersebut akan kita pergunakan untuk membeli apa yang kita perlukan atau menggunakannya untuk mewujudkan impian-impian kita.


Apakah hanya melulu materi dan duniawi saja yang ada di pusaran bisnis? Jika tengok lebih jauh, bisnis adalah salah satu bentuk ibadah yang bisa menjadikan diri kita lebih dekat kepada Allah SWT. Sebagai contoh, jika kita mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis kita, dan kita berrsyukur sembari mengucapkan Alhamdulillah maka kita akan lebih dekat dan selalu mengingat Allah SWT. Dan begitu pula jika kita memperoleh kerugian, kita akan bersabar, dan bersabar merupakan salah satu perilaku terpuji. 

Belum lagi jika bisnis kita bermanfaat bagi orang-orang disekitar kita, misalkan bisnis kita membuat orang-orang disekitar kita memperoleh pekerjaan dengan bekerja di bisnis kita maka itu juga salah satu bentuk ibadah kita . tepatnya ibadah ghair mahdah. Lalu kita pun menzakatkan sebagian dari penghasilan yang kita peroleh dari bisnis kita, itu juga ibadah. 

Sebagaimana segala sesuatu perbuatan yang diawali oleh Bismillah, maka perbuatan itu merupakan suatu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Begitu pula dengan bisnis, jika anda meniatkan usaha atau bisnis anda untuk meraih keridhoan Allah SWT. Maka Insya Allah bisnis yang kita jalani merupakan salah satu bentuk ibadah. Jika sudah begitu, maka sangat tiak mungkin kita berusaha berbuat curang untuk semata-mata mengejar kepentingan duniawi semata. 

Dalam bisnis, kita bisa memperoleh financial freedom dan time freedom. Jika kita sudah mencapainya, maka waktu kita bisa digunakan untuk lebih mendekatkan ditri kita kepada AllahSWT. Bisa mengerjakan sholat lima waktu ke masjid secara berjamaah di awal waktu. Bisa mengerjakan sholat sunah tanpa diburu-buru waktu. Bisa membaca Al-Quran sepuas dan selama yang kita mau. Dan amalan-amalan lain yang bisa dikerjakan dengan khusyu dan tumaninah. Bisnis memungkinkan seseorang pensiun dini dengan waktu dan harta berlimpah.