Bisnis Itu Harus Menghasilkan


Bisnis MenghasilkanBetul sekali! Jika bisnis tidak menghasilkan keuntungan buat si pebisnis tersebut, ngapain diteruskan bisnisnya? Tujuan utama dari yang nama nya bisnis adalah UUD (ujung-ujungnya duit). Jika ujung-ujungnya bukan duit maka namanya bukan bisnis. Ingat selalu prinsip dasar dalam berbisnis, yaitu Total profit = Total revenue – Total Cost. Jadi jika ingin bisnis kita menghasilkan maka anda harus meningkatkan pendapatan dan menekan biaya. 

Memang pada awal kita memulai bisnis, pilihlah bisnis yang memang menjadi hobi anda, karena jika berbisnis di bidang yang kita senangi ada beberapa keuntungan. Pertama, anda bisa menjalankan bisnis dengan sepenuh hati, dengan setulus hati, tanpa tekanan apapun, karena memang anda berminat di bidang tersebut. Lalu yang kedua, jika suatu saat anda mendapat kerugian maka anda tidak “rugi-rugi amat” karena meskipun uang hilang, minat dan bakat kita sudah tersalurkan. Win-win solution! 

Nah setelah anda start-up bisnis anda, maka selanjutnya yang harus anda pikirkan adalah bagaimana caranya bisnis kita ini menghasilkan keuntungan yang banyak?! Nekad adalah modal utama dalam memulai bisnis. Tapi tekadlah yang membuat bisnis kita menghasilkan, tanpa tekad kuat, bisnis kita akan berhenti sebelum menghasilkan. 

Salah satu trik yang jitu adalah dengan ekspansi bisnis yang berasal dari minat / hobi kita tersebut ke bisnis yang menghasilkan atau sedang booming di pasar pada saat itu! Misalkan anda adalah orang yang senang gonta-ganti hape, karenanya anda membuka counter jual beli hape. Nah langkah pertama bagi anda untuk membuka bisnis sudah tercapai. Lalu biasanya anda akan lebih focus untuk mendapatkan hape yang terupdate dan terbaru yang mebuat anda tergiur untuk membeli barang dengan harga tinggi hingga keuntungan yeng diperoleh tidak terlalu banyak. Jika itu yang terjadi, segeralah ekspansi ke bisnis lain yang masih berhubungan dengan hape yang sekiranya sedang booming! Misalkan anda membuka isi lagu, content, music , atau aplikasi untuk hape,yang kebetulan misalakan ssedang booming pada saat itu, sehingga usaha anda menjadi menghasilkan. 

Ada tahapan sebelum bisnis anda menghasilkan. Yaitu start-up, storming, norming, dan performing, pada saat performinglah usaha anda akan menghasilkan. So, segeralah bertindak jika bisnis anda sampai saat ini belum menghasilkan! Selamat berbisnis!


Baca juga artikel lainnya dengan kategori Inspirasi Bisnis