Kecerdasan Finansial

Entrepreneur CerdasDalam menjalankan sebuah bisnis, anda memerlukan kecerdasan. Terutama kecedasan finansial, yang tidak pernah diajarkan di bangku sekolah. Di bangku sekolah anda diajarkan untuk menjadi seorang karyawan, anda harus cerdas secara IQ. Anda harus menguasai pelajaran dengan sebaik-baiknya. Anda harus menjadi ahli dalam pelajaran, sehingga anda tidak pernah berpikir untuk menjadi ahli dalam finansila anda sendiri. 


Seorang ahli dalam pelajaran biasanya akan menjadi seorang ahli dalam bidang tertentu saat dia bekerja kelak, dan karena kehliannya itulah ia dibayar mahal. Memang betul uang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya butuh uang. Maka anda harus juga ahli dalam masalah keuangan. Jangan sampai hasil kerja keras anda sia –sia karena anda kurang cerdas secara financial.

Banyak sekali orang cerdas dan pintar tapi mereka tidak pernah kaya. Mereka hanya tahu 1 cara untuk menghasilkan uang. Yaitu membarterkan waktu, tenaga, pikiran, kecerdasan mereka sendiri untuk uang! Sangat miris sekali. Bagaimana dengan ha keluarga mereka, bagaimana dengan hak tubuh mereka yang mebutuhkan istirahat?! Karena jika mereka memilih jalan itu untuk mendapatkan uang, maka jika ingin mendapatkan uang yang banyak maka mereka harus lebih kerja keras lagi, itu artinya mereka membarterkan tenaga, pikiran, kecerdasan, dan waktu lebih banyak lagi untuk mendapatkan uang. 

Di bangku sekolah anda tidak diajarkan bagaimana mengelola uang anda dengan baik, kebanyakan dari mereka yang pintar menabungkan semua uangnya, karena takut berinvestasi, takut berbisnis, karena mereka sering mendengar bahwa bisnis dan investasi itu berisiko.padahal yang berisiko itu jika tidak tahu caranya. Seorang anak yag mengemudi mobil disebut beresiko, karena dia tidak tahu cara mengemudi mobil, mungkin dia akan menabrak, atau kecelakan. Tapi jika orang dewasa yang telah memiliki SIM yang mengmudi maka resiko kecelakaan dan resiko tabrakan akan lebih ditekan. 

Begitu pula dengan berbisnis dan berinvestasi, bagi orang yang tidak tahu caranya itu sangat beresiko, tapi bagi yang tahu carany hal itu bisa menjadi menghasilkan. Oleh karena itu, selain anda harus bisa cerdas dengan pelajaran di sekolah, maka anda pun harus lebih cerdas secara financial, karena itu seperti SIM dari berbisnis dan berinvestasi.