Membangun Bisnis dari Rumah

bisnis dari rumahBanyak orang bilang kalau di rumah waktunya istirahat dan bersantai bersama keluarga. Tapi ada juga yang memiliki banyak waktu di rumah karena mungkin beban pekerjaan di tempat kerja tidak terlalu berat. Nah bagi anda yang memiliki waktu yang cukup luang di rumah anda, tidak ada salahnya mencoba untuk membangun usaha dari rumah anda.

Membangun usaha memang memerlukan tenaga, pikiran, waktu, dan uang. Dan andalah yang menentukan sebesar apakah bisnis anda nanti. Jadi jika anda merasa cukup dengan mmulai bisnis dalam sekala mikro, maka anda mungkin tidak memerlukan waktu yang cukup lama untuk membangun usaha anda tersebut. Konon katanya beberapa merk terkenal yang sudah mendunia pun berasal dari garasi rumahnya. 

Banyak sekali usaha yang bisa anda rintis dari rumah sendiri, misalnya mulai dari warung, jual pulsa, bisnis online, gorengan, les privat, dan bisnis-bisnis lainnya. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah merencanakannya dengan matang. Mungkin untuk usaha skala kecil, perencanaan hingga persiapan dalam waktu 1 bulan bisa selesai. Jangan terlalu banyak pengeluaran / cost diawal. Perlengkapan dan peralatan usaha tidak usah membeli semua, bahkan kalau bisa mah gratis aja. Manfaatkan apa yang ada di rumah anda. Anda bisa membeli peralatan dan perlengkapan baru setelah anda mendapatkan keuntungan “nyata” dari usaha anda. 

Setelah proses persiapan selesai, saatnya anda memulai bisnis anda. Jangan ragu untuk memulai, jangan takut gagal, justru jika anda tidak mencoba maka itulah sebenar-benarnya gagal. Penulis sendiri sudah 8 tahun berbisnis gagal terus, belum ada dari belasan bisnis yang digeluti pernah sukses. Dari segi uangnya mungkin betul mengalami kerugian, tapi manfaat / hikmah / pelajaran dari kegagalan itu sungguh tidak ternilai harganya. 

Langkah berikutnya setelah memulai usaha adalah dengan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan usaha yang anda lakukan. Lakukan minimal 1 bulan sekali, agar bisa terlihat kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Ingat! Tujuan dalam berbisnis adalah keuntungan, jadi anda harus mereview dari bulan kebula, mungkin pada bulan bulan pertama keuntungannya masih minus, itu tidak apa, asalkan minusnya setiap bulan semakin kecil, bahkan kalau bisa mah positif walaupun masih kecil. Intinya ada peningkatan dari bulan-kebulan.