Membuka Usaha Fotocopy dan Toko ATK


Manajemen bisnis fotocopyUsaha fotocopy dan ATK tidak pernah mati. Apalagi jika kita membuka usaha tersebut di dekat sentra pendidikan seperti komplek di sekitar kampus perguruan tinggi maupun di komplek sekolah. Usaha fotocopy dan ATK ini memerlukan tempat yang strategis. Tempat yang tepat menjadi penentu banyaknya pemasukan yang kita terima.

Untuk permulaan, kita cukup membeli 1 saja mesin fotocopy. Lalu jika kita yang mengoperasikannya sendiri, maka kiita harus mengikuti training yang diadakan oleh vendor pemilik merk mesin fotocopy tersebut. Begitu juga jika kita akan merekrut operator mesin fotocopy, maka dia pun harus detraining terlebih dahulu. Pilihlah mesin fotocopy dengan keluar terbaru, salah satu keunggulannya adalah mesin fotocopy tersebut selain bisa copy dan scan, bisa juga mencetak data (printer). 

Setelah paham mengenai hal-hal yang berhunbbungan dengan mesin fotocop. Langkah berikutnya adalah dengan mempelajari atau merekrut karyawan yang sudah bisa melakukankegiatan menjilid, melaminating, dan kegiatan pendukung lainnya. Konsumen akan semakin lengket dengan kita jika kita mampu menyediakan jasa –jasa pendamping dri pengolahan data. 

Untuk yang dekat univesitas, sediakanlah buku-buku yang sering dipakai oleh mahasiswa. Biasanya buku text book yang sangat jarang dijumpai. Caranya adalah dengan membeli atau meminjam buku yang sering dipakai mahasiswa di kampus tersebut. Lalu siapkan 1 master untuk kita copy lagi, danuntuk buku yang best selling kita harus bisa ready stock, jadi ketika ada yang akan membeli buku tersebut kita bisa melayaninya dengan cepat, pelanggan pun puas. Untuk pengolahan dan pencetakan data, kita juga baiknya menyediakan komputer dan printer warna. Untuk diferensiasi, milikilah printer A3. Karena untuk kalangan mahasiswa, untuk A3 sudah sering digunakan untuk tugas maupun untuk media pembelajaran. 

Untuk alat tulis kantor dan alat tulis sekolah, bisa dipilih yang kira-kira paling sering dibeli oleh konsumen. Beberapa jenis ATK yang menjadi best seller diantaranya, pulpen, pensil, spidol, penghapus, solatip, kertas folio, karton, buku tulis, gunting, dan lain sebagainya. Bisa juga kita menyediakan materai Rp. 6.000 untuk tambahan penghasilan. Untuk ATK kita bisa memainkan harga, apalagi untuk barang-barang yang jarang dibeli orang kita bisa jual dengan harga agak tinggi. Tapi untuk fotocopy usahakan tempat kita merupakan yang termurah atau minimal sama dengan harga pasaran di tempat kita mendirikan usaha fotocopy & ATK tersebut. Semoga Bermanfaat.


Baca juga artikel lainnya dengan kategori Manajemen Bisnis