Membuka Usaha Jual Beli Motor

manajemen bisnis motorUsaha jual beli motor saat ini cukup meroket. Apalagi dengan harga BBM yang naik, maka minat masyarakat untuk memiliki motor sangat tinggi. Masyarakat menginginkan alat transaportasi yang murah tapi terjangkau harganya. Peraturan terbaru dari pemerintah agar uang muka motor baru tidak murah juga membantu prospek usaha jual beli motor.

Usaha jual beli motor ini bisa dilakukan siapa saja. Dengan modal yang tidak terlalu besar, bahkan dengan modal Rp. 5.000.000 pun kita bisa memulai usaha jual beli motor. Motor –motor yang top selling adalah dari merk –merk buatan jepang. Yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dll. Jika anda memiliki modal yang terbatas, disarankan untuk memilih motor merk Honda atau Yamaha terlebih dahulu. 

Untuk memajangkan motor, bisa kita lakukan di rumah sendiri terlebih dahulu. Jika kita punya kenalan yang punya tempat usaha di pinggir jalan itu lebih baik lagi. Kita ajak kerja sama si pemilik usaha yang berada di pinggir jalan tersebut. Misalkan kita berhak memajangkan motor yang akan jual di tempat dia, nah bila laku kita kasih fee kepada pemilik tempat usaha tersebut. 

Untuk sumber motornya sendiri, anda cukup memiliki relasi yang luas. Buat kartu nama, dan tulislah bahwa kita adalah seorang pengusaha di bidang jual beli motor. Sebarkan kartu nama itu sebanyak-banyaknya. Tetangga, kerabat, saudara, dan juga lingkungan lain di sekitar kita. Misalanya kita bisa sebarkan di pangkalan ojeg atau di pangkalan beca dekat rumah kita. 

Ketika banyak orang yang sudah tahu bahwa kita adalah seorang pengusaha jual beli motor, maka kita tidak akan terlalu kesulitan untuk mendapatkan motor yang akan kita jual. Nah jangan sampai kita dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Banyak orang yang telah memodf motornya dan telah mengganti spare part dengan yang palsu sebelum dijual. Kita tidak perlu takut untuk membeli asalkan kita tahu inormasi mengenai spesifikasi dari motor – motor tersebut. 

Dengan adanya internet kita bisa mempelajari jenis –jesnis dan merk motor serta spesifikasinya. Jangan ragu untuk terus mencoba berjual beli, karena dengan pengalaman yang banyak kita bakal lebih fasih dengan dunia tersebut. Solusi lain untuk mendapatkan motor adalah dengan mengikuti lelang yang sering dilakukann oleh balai lelang. Minimal 1 bulan sekali di kota-kota besar seperti bandung ada lelang motor second. Motor itu biasanya motor kredit yang tidak mampu dilunasi, sehingga diambil kembali oleh bank yang bersangkutan. Selamat mencoba!


Baca juga artikel lainnya dengan kategori Manajemen Bisnis