Modal Utama Memulai Bisnis

Yang paling susah dalam memulai bisnis adalah membuat konsep, system, dan perancanaan sebelum bisnis itu dimulai. Orang yang punya modal milyaran, jika asal-asalan bisnis maka sudah dipastikan bisnisnya akan hancur, mentang-mentang punya uang banyak, sekali jebret aja tanpa banyak analisis langsung buka bisnis. Itu mah namanya bunuh diri. Minimal, jika tidak punya perencanaan dan konsep yang matang mengenai bisnis yang akan anda geluti, maka anda harus punya keahlian di bidang tersebut.

Karena dengan keahlian yang anda miliki, bisa meminimalisir kerugian yang ditimbulkan bahkan dapat langsung menghasilkan walaupun tidak ada konsep dan perencanaan yang jelas. Because you are the master! 

Dengan analisis, persiapan, dan perencanaan yang mantap. Anda akan tahu kapan anda akan balik modal, kapan anda akan mulai mendapat keuntungan, dan bahkan anda akan tahu kapan dan bagaimana anda bisa bangkrut! Jika itu sudah mantap dan matang, anda bisa mendapatkan modal uang dari beberapa sumber. Diantaranya, orangtua kita, saudara kita, sahabat kita, teman kita, dosen kita, guru kita, bahkan bisa bank sekalipun. 

Pilihlah kerjasama secara mudharabah. Karena dalam mudharabah, hak-hak pebisnis bisa terlindungi. Dalam mudharabah, ketika terjadi kerugian owner telah kehilangan waktu, tenaga, dan pikiran. Sementara investor hanya kehilangan uang. Ingat! Uang bisa dicari, waktu tidak bisa dibeli! 

Sangat jelas sekali, Modal utama dalam memulai bisnis adalah pengetahuan kita, ilmu yang kita kuasai, otak kita, pikiran kita, wawasan kita, relasi kita, tubuh kita, DIRI KITA SENDIRI! Jadi bukan uang yang selama ini selalu menjadi alasan orang-orang saat ditanya kenapa tidak berbisnis. Semoga Bermanfaat!