Pengambilan Waktu yang Tepat di Awal Membuka Usaha

Manajemen WaktuManajemen waktu mutlak diperlukan bagi para pebisnis, jangan samapi waktu yang tidak pernah bisa kita beli itu berlalu begitu saja sia-sia. Apalagi jika kita sedang atau akan membuka bisnis atau kita sekarang sedang di permulaan membuka bisnis. Ketepatan dalam mengelola waktu sangatlah krusial untuk kelanjutan bisnis kita selanjutnya.

Pertama, pilihlah waktu yang tepat untuk membuka usaha anda. Jika amemang ternyata usaha anda dipengaruhi oleh musim, maka pilihlah musim yang tepat untuk memulai usaha anda. Jika anda berniat membuka usaha jualan jas hujan, maka waktu yang tepat adalah di musim hujan. Karena pada musim tersebut jas hujan sangat laris terjual dan bisa dijual 2 kali lipat bila dibandingkan di musim panas. Hal ini sangat penting sekali, karena kesehatan cashflow di awal berdirinya bisnis mutalk sekali diperlukan. Pemasukan yang banyak di awal bisnis bisa menutupi uang modal yang kita habiskan saat mendirikan bisnis kita tersebut. 

Kedua, pilihlah waktu yang tepat untuk berpromosi. Promosi di waktu yang tepat bisa membuat penghasilan dari bisnis kita melonjak tak tajam. Jika anda mencoba membuka bisnis bimbel, maka waktu yang tepat untuk berpromosi adalah dari mulai mulan april, mei, dan juni. Kenapa di bulan tersebut? Di bulan tersebut orang tua sudah mulai menimbang-nimbang akan ke bimbel manakah putra-putrinya dimasukan?! Kalau sebelum april promosi jadi terlalu dini, orang tua cenerung sudah lupa, jika setelah juni maka orang tua sudah keburu memilih bimbel yang lain. Jika kita membuka bimbel dengan dana terbatas, maka waktu yang tepat dalam berpromosi adalah saat pembagian rapot. 

Ketiga, pilihlah waktu yang tepat saat akan merekrut karyawan. Jika anda terlalu dini merekrut karyawan dan terlalu jauh dari target pembukaan usaha, maka uang anda akan tergerus sebelum usaha kita bener-benar buka. Jika kita terlalu dekat, maka anda akan tergesa-gesa dalam menentukan pilihan karyawan. Hal itu tentunya bisa mengakibatkan kesalahn dalam merekrut karyawan itu sendiri. Jika kita memutuskan untuk memulai sendiri dulu usaha kita. Maka kita pun harus mengambil ancang-ancang saat kapan usaha kita memerlukan karyawan.