Pengusaha Biasa Bekerja Sendiri, Pengusaha Kaya Membentuk Jaringan

Manajemen JaringanPara Pengusaha Sukses sangat tahu cara untuk tetap kaya dan malah menjadi bertambah kaya. Yaitu dengan membentuk jaringan. Bisnis itu olahraga tim, jika bermain individual maka tujuan dari usaha itu lebih susah untuk berhasil. Dengan jaringan maka factor kali dalam sebuah bisnis lebih mudah dicapai. Misalnya merk motor honda. Mereka membentuk beberapa komunitas motor yang merupakan varian dari merk-merk Honda. Bila ada produk turunan terbaru dari hnda maka produk itu sangat mudah menyebar dari komunitas ke komunitas.

Membentuk komunitas pelanggan baru salah satu dari membentuk jaringan. Jaringan lain yang juga dibentuk adalah jaringan dengan mitra bisnis mereka. Baik itu dengan para supplier, dengan konsultan, dengan pakar hokum, dan dengan distributor-ditributor mereka. Apabila ada permsalahan yang terjadi, maka jaringan inilah yang akan memberikan solusi bagi si pengusaha terebut. Pengusaha tersebut tidak perlu cape sendiri mencari solusi, tapi pihak-pihak yang berkaitan dengan permaslahan yang timbul akan bahu membahu menyelesaikannya. 

Jaringan lain yang dibutuhkan adalah jaringan antar sesama pengusaha. Hal ini terbukti dengan banyaknya bermunculan himpunan – himpunan atau komunitas – komunitas bisnis. Ada HIPMI, JPMI, GIMB, dan lain sebagainya. Sangat besar sekali keuntungan yang diperoleh dari komunitas – komunitas bisnis ini. Mulai dari mendapatkan mitra baru, mendapatkan konsumen baru, mendapatkan ilmu baru, dan mendapatkan wawasan baru. Serta banyak lagi keuntungan – keuntungan yang bisa didapat. 

Masihkah anda berusaha mengarungi beratnya belantara dunia bisnis dengan hanya memanfaatkan kemampuan dari diri sendiri? Sangat berat bagi pengusaha yang mencoba menyelesaikan segala permasalahannya sendiri. Anda bisa menjadi pengusaha kaya dengan kemampuan anda sendiri, tapi anda akan kalah secara waktu. Pengusaha yang membuat jaringan akan lebih cepat kaya. Jangan takut untuk berhubungan dengan pihak lain, bahkan jika itu adalah pesaing anda, anda bahkan bisa mendapat ilmu yang lebih berharga dari para pesaing anda. 

Apakah anda memilih menjadi seekor cicak yang begitu kewalahan menangkapi nyamuk yang berterbangan. Tapi berbeda dengan yang dilakukan oleh laba-laba. Mereka memamng tidak langsung mendapatkan hasil saat masih membangun jaringnya. Tapi ketika jaringnya sudah terbentuk, maka dia tinggal menunggun dengan manis para mangsa yang terperangkap di jaringnya. Semoga bermanfaat.