Strategi Product, Price, Place dan Promotion

strategi bisnis
Pemasaran merupakan motor utama penggerak bisnis. Tanpa pemasaran yang tepat, usaha kita sebagus apapun kurang bisa “menghasilkan”. Ingat selalu prinsip “TP = TR – TC” atau total Profit (keuntungan) sama dengan total Revenue (Pendapatan) dikurangi total cost (biaya). Dalam bisnis anda harus profit oriented, karena kentunganlah yang menjadi acuan maju atau tidaknya bisnis anda tersebut.

Jika anda ingin keuntungan besar, maka sekuat tenaga anda harus meningkatkan penjualan dan meminimkan biaya . dalam kaitannya dengan peningkatan pendapatan, hal yang paling utama adalah pemasaran. Tentunya pemasaran merupakan pokok dari bagaimana anda ingin meningkatkan penjualan anda. Dalam memasarkan bisnis tentunya diperlukan strategi yang sesuai dengan pasar, istilahnya “deal with the market”. 

Poduct, Price, Place, dan Promotion adalah kata-kata yang akrab di telinga para pebisnis. Disebut juga sebagai bauran pemasaran. Keempat hal tersebut yang akan menjadi penentu banyaknya atau sedikitnya pendapatan yang akan anda terima. Mari kita jelaskan satu per satu keempat hal tersebut. 

Product, produk atau jasa apa yang akan anda jual? Itu pertanya mendasar yang harus anda tanyakan pertama kali pada diri anda sebelum memulai usaha. Saran pertama adalah pilih produk yang anda minati atau sesuai hoi anda, karena anda akan mendapatkan passion saat menjalankan bisnis tersebut. Saran kedua adalah pilih produk yang cepat menghasilkan atau setidaknya prospektif untuk kedepannya, jangan pilih prosduk atau usaha yang sekiranya akan segera meredup di masa-masa mendatang. 

Price, berapa harga yang pantas bagi produk atau jasa anda? Kaitanna dengan harga adalah segmentasi pasar, pasar mana yang akan anda bidik, bawah, menengah, atau atas. Harus jelas sasaran tembak anda, agar tidak salah dalam menentukan harga bagi produk anda. Kondisi pasar juga menjadi acuan harga berpa yang akan anda usung. 

Place, dimanakah anda harus memulai bisnis anda? Dengan produk yang anda sudah tentukan anda harus memilih tempat yang strategis dengan usaha anda. Jika anda membuka bisnis bengkel, usahakan di pinggir jalan besar, jika anda hendak membuka bimbel, hendaknya anda membuka di dekat sekolah, dan lain sebagainya. 

Promotion, program promosi seperti apa yang dibutuhkan usha anda? Untuk menarik minat pembeli atau pemakai jasa anda, maka anda harus berpromosi agar orang semakin mengenal usaha anda. Promosi juga bisa membuat calon konsumen anda makin setia dengan anda. Jadi promosi tidak berhenti di awal bisnis saja, programnya harus berkesinambungan. 

Semoga artikel mengenai Strategi Product, Price, Place dan Promotion bermanfaat. Salam sukses selalu!