Jadilah Orang yang GIGIH

Entrepreneur GigihKita Harus Kaya! Kaya Ghirah Kaya Ilmu Kaya Gagasan Kaya Ibadah Kaya Hati. Ghirah, Ilmu, Gagasan, Ibadah, Hati, akronimnya adalah GIGIH. Kaya Harta adalah bukan tujuan utama, tapi kaya harta adalah konsekuensi logis dari usaha yang kita lakukan.jika bisa di analogikan seperti ini. jika kita memancing ikan di kolam, tujuan kita adalah untuk mendapatkan ikan yang terdapat kolam itu. Pada awalnya air tenang, tapi ketika ada ikan yang memakan umpan kita, maka air di seitar ikan yang berhasil kita dapatkan itu pasti beriak atau bergelombang airnya.

Nah begitu juga dengan kaya harta, kita harus bisa fokus saat bekerja ataupun berbisnis untuk beribadah kepada Allah. Niatkan diri kita di setiap bekerja, berbisnis, dan aktivitas adalah dalam rangka ibadah yang dimaksud adalah semua ibadah (termasuk ibadah ghair mahdah). itu adalah ikan dari analogi tadi, tujuan hidup ini adalah beribadah kepada Allah SWT. tapi ketika dalam proses kita beribadah, pasti menimbulkan efek logis dari ibadah kita tersebut. Salah satunya adalah rezeki dalam bentuk kekayaan harta. Harta merupakan Side effect yang dihasilkan dari kegiatan ibadah yang kita lakukan. bukan hidup untuk uang, tapi uang untuk hidup. bukan uang adalah segala-galanya, tetapi segala-galanya butuh uang.

G yang pertama adalah Ghirah.
Kaya Ghirah atau kaya semangat adalah modal yang sangat penting bagi kita. semangat merupakan bahan bakar yang akan terus menjalankan roda kehidupan kita.Semangat bisa ditularkan. jadi jika kita sedang tidak semangat keluarlah dari kamar kita berkelilinglah dan bergabunglah dengan orang - orang yang semangat sehingga kita pun akan tertular semangat tentunya.

I yang pertama adalah Ibadah
Kaya Ibadah yang dimaksud adalah rajin melaksanakan ibadah, melaksanakan ibadah mahdah yang bagus kualitas maupun kuantitasnya. dan kaya ibadah juga artinya bahwa setiap apa yang dilakukan oleh orang tersebut selalu bernilai ibadah. baik saat bekerja, belajar, dan ativitas - aktivitas lainnya.

G yang kedua adalah Gagasan
Kaya Gagasan dalam hal ini berarti memiliki kreativitas yang tinggi. Berkreasi dan berinovasi tiada henti, selalu mencoba hal - hal baru, dan juga suka mencoba tantangan - tantangan baru. Gagasan - gagasannya tidak pernah habis, jika sedang kehilangan gagasan, selalu mencoba mencari inspirasi dimanapun dan kapanpun.

I yang kedua adalah Ilmu
Kaya Ilmu berarti kaya akan wawasan dan pengetahuan. Selalu menuntut ilmu dimana saja, kapan saja, kepada siapa saja, dan melalui media apa saja. Ibadah tanpa ilmu bis membuat amalan ibadah kita tertolak oleh Allah SWT. mungkin ada tatacara ibadah yang terlewat karena kurangnya ilmu sehingga ibadah bisa tertolak.

H yang pertama adalah Hati
Kaya hati berarti memiliki hati yang lapang dan terbebas dari penyakit hati. penyakit hati yang sering mendera adalah sirik, hasud, iri, dengki, ingin dipuji, riya, sombong, dan lain sebagainya. kaya hati berarti juga memiliki hati yang selalu terpaut kepada Allah SWT. kapanpun dan dimanapun serta saat melaksanakan  kegiatan apapun selalu teringat kepada Allah SWT.

Buah dari KAYA GIGIH itu atau side effect darinya salahsatunya adalah kaya harta. nah.. bila Allah memberikan kekayaan harta, maka kita harus bisa pintar - pintar dalam mensyukurinya dan tidak terlena atas apa yang harta yang diamanatkan kepada kita.

Terinspirasi dari ceramah K.H. Abdullah Gymnastiar