Mulailah Bisnis Anda Sekarang!

Memulai Bisnis
Jika kita menunggu bisnis kita sampai sempurna nantinya bakal terlalu menghabiskan dana di awal. dan jika kita terlalu lama menunggu untuk membuka bisnis kita semangatnya bakal habis di awal. padahal modal yang paling utama dalam memulai bisnis adalah semangat dan tekad yang membaja.


Memang betul bisnis itu perlu perencanaan dan untuk memulai perlu analisis yang tepat, tapi jika terlalu lama ditimbang maka bakal terlalu banyak kekurangan yang kita belum bisa tutupi. Nah.. jika itu terjadi, biasanya kita bakal loyo karena ketakutan dengan kekurangan - kekurangan yang kita miliki dan bisa jadi bakal minder dan akhirnya mengurungkan niat untuk memulai usaha kita.

Mulailah bisnis anda SEKARANG! Apalagi jika kita memang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis dan memulai dengan bisnis skala mikro, segera mulai bisnis kita sekarang. Jangan terlalu lama ditunda! seiring dengan berjalannya bisnis kita, kita akan menemukan beberapa kendala dan hambatan. Di saat itulah kita akan mulai dapat pelajaran demi pelajaran berharga untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis kita.

Waktu yang paling tepat adalah SEKARANG! apalagi jika kita sendiri yang menjalankannya. Belum ada karyawan tetap dan sekiranya pada awal belum banyak pekerjaan yang kita lakukan. Ada beberapa aspek manajemen yang memang harus di rencanakan. Yaitu, Manajemen keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, dan Manajemen SDM.

Untuk manajemen keuangan, hal dasarnya adalah mengenai jumlah anggaran yang kita persiapkan dan perencanaan penyaluran anggaran tersebut. Lalu dalam manajemen keuangan, pencatatan dan sistem akuntansi dasar sangatlah penting. Tetapi tidak perlu terlalu bagus dan rapi, yang penting poin-poin utama harus kita kuasai

Untuk manajemen SDM, Agar dana tidak terlalu besar untuk penggajian, baiknya kita sendiri untuk memulai atau start-up bisnis kita. tapi kita tetap digaji fixed seperti halnya gaji pegawai pada umumnya. Jika dana yang ada kita prioritaskan terlebih dahulu untuk menjalankan bisnis kita, maka "hutangkan" saja, maksudnya bisnis kita berhutang gaji kepada kita sendiri, utang gaji itu akan dibayar saat bisnis kita memang sudah berjalan dengan stabil dan mantap.

Untuk manajemen operasional, kita akan menentukan standar operasional apa dan job description untuk masing-masing pos pekerjaan. tidak perlu terlalu rinci, karena kita mungkin kita juga belum terlalu memahami sistem kerja yang ideal, yang penting garis - garis besarnya saja.

Untuk manajemen Pemasaran, hal dasar yang harus direncanakan dan dipertimbangkan adalah mengenai 4P atau yang sering disebut dengan bauran pemasaran. Product, Price, Place, dan Promotion adalah kata-kata yang akrab di telinga para pebisnis. Keempat hal tersebut yang akan menjadi penentu banyaknya atau sedikitnya pendapatan yang akan anda terima