Menjaga Konsumen Agar Tetap Setia


Manajemen pemasaranBanyak cara yang bisa dilakukan oleh para wirausahawan agar konsumennya tetap setia. Menjaga knsumen tetap setia menjadi factor penting dalam hal pemasaran. Konsumen yang setia, selain akan terus – menerus memberikan pemasukan secara langsung yang cenderung linear, jika kita mampu memaintenance dengan baik maka akan memberikan pemasukan yang eksponensial, hal itu bisa terjadi saat konsumen kita itu mengajak orang lain untuk membeli produk dan jasa kita.

Lalu jika pelayanan kita prima, bukan tidak mungkin orang yang baru jadi pelanggan kita tadi mengajak lagi calon pelanggan lainnya, jika kita asumsikan 1 orang saja yang diajak oleh setiap orang setiap bulan, maka dalam setahun pelanggan kita akan berjumlah 512 Orang! Luar Biasa! Bisnis kita tentunya akan semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Pelayanan adalah kuncinya! Pelayanan yang baik dan prima menjadikan pelanggan kita selalu lengket dengan kita. Pengusaha yang cerdas adalah pengusaha yang peka terhadap kebutuhan pelanggan setianya. Penjualan dari produk kita bermuara kepada pembeli, pembeli adalah raja kata pepatah, maka kita harus bisa melayaninya dengan baik.

Yang berikutnya yang harus kita lakukan adalah dengan membuat program yang menarik. Program – program itu bisa dengan tipe member get member, kartu anggota, ataupun dengan memberikan diskon khusus pada pelanggan khusus.

Semoga Tulisan ini bermanfaat.