Peluang Usaha Affiliate dan Dropship

Peluang Usaha Internet
Teknologi di zaman sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Manusia di era informasi ini sangat sulit melepaskan diri dari teknologi. Internet, dari 10 – 15 tahun ke belakang mulai menjadi bagian kehidupan manusia modern. Internet memungkinkan kita berhubungan dengan semua orang di dunia hanya dengan berada di depan komputer di rumah kita.

Hampir tidak ada orang yang tidak menggunakan internet, terutama di kota besar. Potensi yang sangat besar sekali yang sangat sayang untuk dibiarkan begitu saja. Selain sumber informasi, internet sekarang juga dimanfaatkan untuk menjadi salah satu sumber penghasilan yang potensial. 

Ada beberapa cara bagi orang untuk bisa memiliki penghasilan lewat internet. Diantaranya adalah dengan menjadi mengikuti program afiliasi, program dropship, program paid to click, program paid per click, bekerja sebagai freelancer di dunia maya, menjadi seorang ahli SEO, menjadi seorang desainer atau pembuat web dan banyak lagi hal – hal yang bisa dilakukan orang untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai program affiliasi dan program dropship.

Program Afiliasi adalah program yang diadakan oleh pihak supplier atau toko online besar agar produknya bisa terpasarkan secara lebih luas. Cara kerjanya adalah dengan menawarkan kepada net-ter yang ingin memiliki penghasilan tambahan (atau bahkan dijadikan sebagai penghasilan utma bagi sebagian orang) sebuah kerjasama yang saling menguntungkan. Orang yang bertugas memasarkan memasang link di blog atau website mereka, atau bahkan bisa di situs jejaring sosial (bisa tulisan, gif, banner, ataupun picture). Jika orang yang mengklik link tersebut belanja, maka si pemasar berhak mendapatkan uang atas jasanya menjadi perantara dari transaksi yang berhasil tersebut.

Program Dropship adalah program yang hampir mirip dengan afiliasi, bedanya adalah kita ikut serta dalam transaksi yang akan dilakukan oleh konsumen. Ilustrasinya adalah sebagai berikut, Kita menerima uang transfer dari konsumen yang akan membeli barang A misal seharga Rp. 100.000. Lalu tugas kita adalah memesan segera kepada pihak supplier barang A dan mentransferkan harga yang telah disepakati dengan pihak supplier barang A tersebut, misalkan Rp. 75.000. lalu pihak supplier akan mengirim barang kepada konsumen atas nama kita. Sehingga kita mendapatkan uang Rp. 25.000 sebagai keuntungan.

Baik affiliate maupun dropship, kita tidak memerlukan modal uang yang besar. Yang kita harus punya adalah banyaknya relasi yang bisa kita jadikan sebagai pelanggan setia kita. Kita tidak perlu punya barang sendiri, lalu kita tidak perlu repot – repot melakukan pengiriman barang, kita juga tidak perlu punya stok yang banyak dan resiko – resiko lainnya. Keberanian kita untuk menawarkan prosuk yang kita punya pada relasi kitalah yang akan menjadi modal utama dalam program affiliate maupun dropship.