Cashflow Quadrant


Cashflow Quadrant
Menurut Robert T. Kiyosaki Seseorang menurut darimana dan bagaimana ia mendapatkan pemasukan dibagi menjadi 4 kuadran. Kuadran ini berdasarkan analisa mengenai jenis pekerjaan yang dilakukan oleh sesorang.

Kuadran yang pertama adalah kuadran Employee dalam bahasa Indonesia artinya kuadran karyawan atau pekerja. Di kuadran ini biasanya pemasukan yang diperolehnya akan linear, karena sia akan mendapatkan pemasukan jika dia bekerja, dan biasanya seorang karyawan itu memiliki penghasilan yang tetap di setiap bulannya. Dia bekerja utnuk orang lain atau untuk negaranya.

Kuadran yang kedua adalah kuadran Self employee / Small Business. Orang yang berada di kuadran ini biasanya dihuni oleh orang – orang pintar semacam dokter, pengacara, penyanyi, artis, dan lain sebagainya. Kuadran ini juga dihuni oleh orang yang membuka bisnis kecil. Dimana bisnis itu tidak akan berjalan jika dia tidak ikut beroperasi. Misalkan para pedagang di pasar yang belum memiliki system bisnis yang baik.

Kuadran berikutnya adalah kuadran Business Owner, jika seseorang sudah bisa berada di kuadran ini, atau minimalnya sedang merintis di kuadran ini maka dia mulai bisa menikmati kebebasan waktu dalam bekerja. Dia bekerja karena dia ingin, bukan bekerja karena keharusan. Apalagi jika system bisnis sudah berjalan dengan baik, diabisa memiliki kebebasan finansial. Profesi yang ada di kuadran ini adalah pembeli waralaba, pegiat MLM yang sistemnya sudah terbentuk, dan Pemilik bisnis korporasi (bisnis yang sudah bersistem)

Kuadran yang keempat atau yang terakhirr adalah kuadran investor. Jika seseorang ingin berada dikuadran ini, maka dia harus punya risk management yang mumpuni. Orang yang berada di kuadran ini mampu mengontrol emosinya dan mengedepankan rasional saat berinvestasi. Orang yang berada di kuadran ini biasanya sudah memiliki financial freedom dan time freedom

Anda ingin berada di kuadran mana? Semoga bermanfaat.