Kepemimpinan Dalam Bisnis

Kepemimpinan dalam bisnis
Apakah kita pernah mencermati karyawan dari bank atau supermarket besar yag melayani kita dengan setulus hati? Mereka melayani kita seolah – olah perusahaan tempat dia bekerja adalah miliknya sendiri. Dengan integritas yang tinggi mereka melakukan pekerjaan dengan sebaik – baiknya. Ada atau tiada atasan mereka, mereka selalu mencoba mengerjakan pekerjaan mereka dengan sebaik – baiknya.

Hal yang bisa membuat itu terwujud adalah adanya kepemimpinan yang baik. Leadership itu harus dimulai dari pemilik perusahaan tersebut. Kepemimpinan yang baik dari pemilik bisnis itu akan menular dari mulai top manager, middle manager sampai ke low manager di perusahaan tersebut. Kepemimpinan yang baik juga akan membuat system pendelegasian akan berjalan dengan lancar dan nyaris tanpa hambatan.

Kepemimpinan memegang peran vital dalam berjalannya sebuah bisnis. Tanpa kepemimpinan maka bisnis akan susah untuk berkembang. Betapa tidak, jika kita ingin mengembangkan bisnis kita, maka kita butuh orang lain, baik itu karyawan kita maupun mitra kita. Kepemimpinanlah yang akan membuat orang - orang di sekitar kita akan tergerak untuk mengerjakan apa yang kita mau tanpa merasa disuruh – suruh oleh kita.

Pemimpin lebih dari sekedar ketua, kepemimpinan berarti pengaruh. Orang yang bisa mempengaruhi orang lain untuk mengerjakan sesuatu dengan tlus hati tanpa paksaan merupakan pemimpin yang baik. Pemimpin juga harus bisa menjadi panutan, tanpa panutan maka karyawan – karyawan akan berjalan seenaknya saja. 

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa untuk menjadi seorang entrepreneur sukses tidak cukup dengan memiliki kemampuan menjual yang baik, tapi juga harus didukung oleh kemampuan kepemimpinan yang baik pula. Selamat berbisnis, selamat memimpin.