Menabung Cerdik Sebelum Membuka Bisnis

bisnis sukses
Sebelum kita akan membuka bisnis yang kita idam – idamkan. Ada tipe orang yang ingin terlebih dahulu mengamnkan keuangan pribadi mereka sampai benar – benar aman lalu baru memulai bisnis. Alasannya adalah jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti terjadi kebangkrutan maka kita masih memiliki dan yang cukup untuk survive.

Tapi jika kelamaan menabung dan menunggu hingga sempurna dulu, biasanya orang tersebut mengurungkan niatnyauntuk berbisnis karena keburu takut untuk memulai bisnisnya itu. Pada awalnya memang harus direncanakan kapan pastinya dan tepatnya akan membuka sebuah bisnis. Mungkin dengan bisnis kecil terlebih dahulu.

Cara menabung saat masa mengumpulkan “bekal” sebelum berbisnis juga perlu trik khusus. mSembari belajar risk management, kita bisa mngalihkan sebagian uang kita yang ada di tabungan ke produk – produk keuangan lainnya yang memiliki bagi hasil lebih progresif.

Produk – produk yang sudah sangat umum ditemui adalah dengan deposito, membelikan sebagian uang pada emas batangan, reksadana, asuransi yang menitik beratkan pada investasi, dan produk – produk keuangan lainnya yang sejenis.

Agar hasrat memulai bisnis di masa dating itu tetap terjaga, kita bisa mencoba bisnis kecil – kecilan yang sifatnya sambilan. Yang munkin bisa dikerjakan 1 jam atau 2 jam per hari agar agenda utama kita sebagai karyawan atau seorang professional tidak terganggu. Resiko kehilangan uang memang ada, tetapi jika kita takut akan kehilangan uang, biasanya hal itu benar – benar terjadi. Nah dengan berlatih berbisnis kecil –kecilan kemampuan manajemen resiko kita bisa kita tingkatkan. Dan impian untuk memiliki sebuah bisnis pun lebih mudah untk diwujudkan.

Semoga Bermanfaat