Tips Search Engine Optimization

tips SEO
Jika anda ingin membuat blog anda menghasilkan uang untuk anda?! Salah satu caranya adalah menjadikan blog anda sebagai sarana iklan bagi orang lain. Ada beberapa jenis, diantaranya adalah pay per click. Dan juga bagi anda yang membuat website untuk menjual prosuk anda secara online, atau yang biasa disebut online shop. Keduanya (dan masih banyak lagi) membutuhkan pengunjung yang banyak. Banyaknya pengunjung memungkinkan semakin banyaknya iklan yang dipasang di blog anda di klik, atau semakin banyak orang yang belanja di online shop anda.

Salah satu cara agar situs kita banyak dikunjungi adalah dengan mengoptimalkan mesin pencari, baik itu google, yahoo, bing, dan lain sebagainya. Biasa juga disebut sebagai Search Engine Optimation disingkat SEO. SEO sering diartikan sebagai cara agar sebuah situs bisa ada di halaman terdepan mesin pencari google. Biasanya orang akan malas mencari sesuatu yang dia perlukan ke halaman kedua, ketiga, dan seterusnya. Ada banyak sekali tips SEO yang bisa anda manfaatkan, diantaranya seperti dibawah ini.

Memanfaatkan Keyword yang Tepat
Dengan menggunakan fasilitas mesin pencari google, google trends, dan google adwords anda bisa mencari katakunci yang tepat untuk situs anda. Jika kata kunci yang anda optimasi tepat, bukant tidak mungkin web anda aka nada di halaman pertama mesin pencari google

Memanfaatkan Backlink yang berkualitas
Backlink berarti anda mendapat link dari situs orang lain. Backlink yang berkualitas bisa anda dapatkan dengan cara memberi komentar pada situs orang lain. Situs yang anda komentari haruslah situs yang dofollow, sehingga anda akan mendapat backlink yang banyak. 

Memanfaatkan submit url / submit link
Situs seperti lintas.me atau viva news dot com cukup mumpuni untuk mendongkrak visitor ke situs anda. Lakukanlah secara proporsional dan konsiten. Misalkan seminggu sekali, tiga hari sekali, atau bahkan setiap hari. Ketika kita konsisten maka orang akan menganggap anda sebagai penulis yang baik dan juga online shop yang dikenal selalu update.

Memanfaatkan Sosial Media
Ada banyak media social yang bisa anda manfaatkan agar blog anda semakin terkenal. Yang paling favorit tentunya facebook, twitter, linkedIn, dan lain sebagainya. Kita sebar link sebagnyak – banyaknya dengan proporsional, konsisten dan tidak menumpuk di satu waktu. Alhasil link itu akan menjadi jalan bagi orang lain untuk berkunjung ke blog anda.

Memanfaatkan Forum
Gabunglah di beberapa forum yang nyambung sama blog anda. Jika tidak nyambung trkadang anda akan dihapus dari forum tersebut. Forum jual beli seperti kaskus cukup bermanfaat untuk mendongkrak pengunjung anda, anda jangan focus mempromosikan blog anda dengan memasng link secara brutal, tapi harus smooth, biar orang tidak menganggap anda sebagai spam.

Cukup segitu dulu postingan saya tentang “Tips Search Engine Optimization”. Biar sedikit, yang penting anda harus melakukannya. Semoga blog anda semakin ramai dan lebih menghasilkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.