Penghasilan Ganda dan Residu

penghasilan usaha
Pada zaman serba susah ini (kata orang sih gitu), hanya mengandalkan satu sumber penghasilan memang cukup riskan, ketika suatu saat terjadi dengan sumber penghasilan kita itu yang Cuma satu – satunya, maka kondisi keuangan kita biasanya akan goyah, bahkan bisa juga bangkrut dan jatuh miskin. Oleh sebab itu, pada masa sekarang ini penghasilang ganda mutlak diperlukan. Apalagi bagi anda yang merupkan kepala keluarga, pasti harus segera memikirkan hal ini.

Sebagai contoh, bila anda seorang guru dan anda bekerja di sekolah (kuadran employee) anda juga mengajar les privat pribadi (di luar jam kerja sekolah tentunya) maka anda akan menghasilkan uang dari kuadran self employee. Lalu anda pun membuka bimbel (misalnya anda bekerja sama dengan rekan anda) maka anda menghasilkan uang dari kuadran Business owner. Dan yang terakhir anda berinvestasi di yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, maka anda menghasilkan uang dari kuadran Investor.

Dari contoh di atas bisa dilihat bahwa anda bisa bukan hanya memilki penghasilan ganda tapi juga penghasilan residu. Penghasilan residu anda dapatkan dari posisi anda sebagai business owner dan investor. Penghasilan residu adalah penghasilan yang anda dapatkan walaupun anda tidak sepenuhnya berkerja (tentunya penghasilan itu akan didapatkan jika aset yang anda bangun sudah terbentuk)

Banyak orang yang terlalu nyaman hanya punya satu penghasilan saja, padahal jika kita cermati dari contoh diatas, meskipun dia hanyaberada di satu bidang yaitu pendidikan, dia bisa memilki penghasilan ganda bahkan residu. Ayo segera bertindak! Sebelum kejadian yang tidak diinginkan benar – benar terjadi. Semoga Bermanfaat.