Membuka Bisnis Distributor Produk Tertentu

Menurut pengalaman saya, ketika dulu pernah menjadi agen distributor kopi instan untuk daerah tasikmalaya dan garut. Menjadi distributor sangat cocok bagi kita yang kurang bisa memproduksi atau meng-creat sesuatu dari mulai nol. Tugas distributor adalah menyampaikan produk dari supplier kepada konsumen. Keuntungan yang diperoleh adalah dari selisih pembelian dengan penjualan. Untuk pengelolaan keuangan menggunakan akuntansi perusahaan dagang. Karena disitu tidak ada proses produksi, yang ada adalah membeli barang dan menjual barang.

Menjadi distributor yang paling dibutuhkan adalah strategi pemasaran. Selain itu, yang cukup penting pula adalah stok barang. Kedua hal itu yang paling mendominasi pergerakan atau aktivitas kita sehari hari. Bagaimana langkah awal dalam memulainya? Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan

Memilih produk yang akan dipasarkan
Produk yang and pilih haruslah produk yang sedang laris dijual, atau produk yang tidak terpengaruh musim appaun. Produk yang seperti itu lebih mudah dalam meraih untung. Jika anda punya modal yang memadai tidak ada salahnya anda mengajukan diri sebagai distributor tunggal di kota yeng memang belum ada produk sejenis.

Memilih supplier yang terpercaya
Pilihlah supplier yang sudah teramin kredibilitasnya. Dari sekian banyak distributor produk yang anda inin pasarkan, ada distributor yang benar – benar terercaya. Anda bisa bertanya pada orang lain yang sudah berpengalman di bidangnya. Atau anda juga bisa datangi supplier produk – produk yang memang sudah dikenal secara nasional.

Memilih tempat untuk jadi gudang
Ppilihlah tempat gudang yang proporsional, tidak terlalu jauh dengan daerah pemasran kita, dan juga tidak terlalu jauh dengan supplier kita. Hal itu agar bisa menekan ongkos angkut dna juga menghemat waktu kita. Gudang tidak perlu bagus, rumah juga bisa dijadikan gudang, yang penting akses untuk mobil tidak menglami kendala dan tidak terlalu jauh dengan jaln utama.

Memilih strategi pemasaran yang tepat
Analisislah dengan menggunakan analisis SWOT dan juga gunakan marketing mix 4P. hal itu sangat berpengaruh besar pada bisnis anda. Tugas yang paling utama adalah bagaimana memasarkan dan menjual produk sbanyk – banyaknya dengan cost sekecil – kecilnya.

Itulah tips membuka bisnis distributor. Mudah – mudahan anda berhasil dalam bisnis yang anda geluti nantinya. Jangan tergiur dengan untng cepat atau harga barang murah tapi kualitas murahan. Semoga berhasil dan semoga bermanfaat.