Persyaratan Kredit Usaha Bank

Persyaratan Kredit Usaha Bank
Jika kita akan mengembangkan bisnis kita, tentunya kita membutuhkan modal uang tambahan. Ada beberapa cara mendapatkan modal tambahan. Bisa dari keuntungan yang diperoleh dari bisnis itu sendiri yang diputar kembali, bisa dari kerabat yang berinvestasi di usaha kita, atau bisa juga dari kredit yang didapatkan dari bank.

Khusus untuk mendapatkan kredit dari bank atau BPR, kita jangan tergiur dengan persyaratan mudah dan uang langsung cair. Karena biasanya kita akan dibebankan bunga yang tinggi. Tapi jika kita bisa lebih sabar, maka kita bisa mendapatkan modal dengan bunga yang cukup rendah, misalkan bunga kredit dibawah 15% per tahun. Untuk mendapatkan kredit usaha dari bank, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah,

Memiliki harta yang bisa diagunkan
Sertifikat tanah atau rumah dan mesin bisa kita agunkan ke bank. Tentunya harta yang kita agunkan itu menjadi jaminan bagi bank jika kita tidak mampu mengembalikan kewajiban pokok dan bung kepada bank. letak yang strategis dari tanah atau bangunan yang kita miliki berpengaruh terhadap penilaian harta oleh bank.

Memilki laporan keuangan yang baik
Jika perusahan kita memiliki cashflow yang baik, dan memilki keuntungan atau laba usaha yang bagus selama 3 tahun terakhir, maka itu akan menjadi bekal yang positif saat mengajukan permohonan kredit usaha ke bank. Tentunya jika usaha kita pernah diaudit oleh akuntan publik itu dapat mebuat pihak bank lebih percaya kepada kita.

Memiliki history yang baik
Biasanya bank akan melakukan BI checking kepada para pengusaha yang akan mengajukan kredit usaha. Jika kita tercatat memiliki histori yang baik dan tidak terdaftar sebagai pengusaha yang di-blacklist oleh BI maka kita akan mudah mendapatkan kredit usaha dari bank. Justru pengusaha yang belum pernah kredit akan diragukan oleh pihak bank, karena belum terjamin reputasinya.

Masih ada persyaratan khusus dan detail lainnya yang kita butuhkan untuk mengajukan kredit usaha ke bank. Mungkin catatan diatas termasuk persyaratan terpenting yang hasrus dimiliki pengusaha yang akan mengajukan kredit usaha kepada bank. Mudah – mudahan postingan sederhana ini bisa bermanfaat. Salam sukses!