Bisnis Perdagangan Kain



Bisnis Perdagangan Kain
Bisnis Perdagangan Kain
Sandang atau pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar dari manusia. Sehingga setiap orang pasti membutuhkan pakaian untuk kehidupan sehari – harinya. Dan seiiring dengan berjalannya waktu, pakaian sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tidak hanya menutupi bagian tubuh, dan melindungi dari panas dan dingin. Pakaian sekarang sudah banyak macam dan jenisnya.

Oleh karena itu, bisnis fashion selalu berkembang setiap saat. Salah satu pendukung dari bisnis fashion tentunya adalah bahan baku dari pakaian itu sendiri. Banyak jenis dan macam dari bahan baku pakaian, ada yang peruntukkannya untuk kaos, untuk kemeja, untuk jaket, untuk sweater, dan lain sebagainya.
Tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk berbisnis perdagangan kain. Karena secara sekilas bisnis ini tidak terlalu memerlukan kualifikasi teknis atau pengetahuan yang mumpuni. Untuk terjun di bisnis ini, syarat wajib yang harus dipunyai adalah manajemen pemasaran yang baik.
Karena kita akan mendapat keuntungan dari margin yang didapat saat kita membeli dan saat kita menjualnya. Semakin banyak kita menjual, tentunya semakin banyak pula omset dari perdagangan kain kita, dan tentunya semakin besar pula keuntungan yang akan kita dapatkan.
Salah satu saran terbaik bagi pelaku bisnis pemula di bidang ini dari para pedagang kain di salah satu sentra perdagangan kain di Bandung adalah focus pada salah satu jenis kain. Misalnya kaos, fokuslah pada jenis kain yang biasa digunakan untuk pembuatan kaos.
Saran lainnya adalah sebisa mungkin kita stok barang yang paling laku dijual. Jangan pernah kita memiliki jenis kain yang banyak dengan volume tiap jenis kain sedikit. Yang harus kita lakukan adalah sebaliknya, tumpuklah satu jenis kain yang menjadi andalan kita, misalanya dalam kasus kaos tadi kita memilih jenis kain cotton combat yang menjadi andalan kita, maka tumpuklah sebanyak – banyaknya di jenis kain tersebut. Sehingga para pembeli tahu kemana mereka akan belanja kain kaos jenis cotton combat. Tidak lain hal ini dilakukan agar kita bisa menjual dengan harga termurah kepada calon pembeli. Pabrik tempat kita membeli kain tersebut pasti akan memberikan diskon yang tidak sedikit jika membeli dalam jumlah yang cukup banyak.
Saran selanjutnya adalah selektiflah dalam memberikan piutang kepada para pembeli. Bisnis perdagangan kain sangat dipengaruhi oleh cashflow dari keuangan kita. Jangan sampai modal kita tertanam di piutang macaet yang pastinya akan mengganggu kesehatan keuangan dari usaha kita. Tidak jarang para pelaku bisnis ini gulung tikar gara – gara kurang selektifnya memberikan piutang kepada pembeli.
Yang selanjutnya, selalu memilih supplier yang kita jadikan menjadi rekanan kita. Pilihlah pabrik yang menawarkan kualitas kain yang baik. Dan pilihlah pabrik yang dapat memberikan diskon jika kita membeli secara tunai dan bisa memberikan kita pembayaran secara tempo (hutang) jika kita sedang membutuhkan persediaan kain yang banyak tetapi modal kita sedang tidak ada.
Jangan berhenti untuk berkreasi dan berinovasi. Meskipun yang kita jual adalah kain lagi dan kain lagi, tapi kita harus luwes dalam memasarkan kain itu, bisnis sangat dinamis, jangan terjebak di pakem – pakem tertentu jangan terlalu konservatif tetapi jangan juga terlalu gegabah. Jadilah pemberani, bukan pengecut atau nekad.
Masih ada lagi yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis pemula di bidang ini, hal itu adalah dengan selalu mengupdate info – info yang ada yang sedang di masyarakat. Jalinlah relasi dengan para pelaku bisnis sejenis sebanyak – banyaknya. Kita bisa mendapatkan info mengenai supplier dan buyer yang baik. Kita bisa mendapatkan info mengenai harga pasaran, dan kita juga bisa mengetahui jenis kain apakah yang akan laku keras di pasaran pada saat tertentu. Di era informasi ini, info adalah raja, kita bisa menentukan langkah dari usaha kita jika kita memiliki info yang tepat. Jangan pernah menjauhi para pesaing kita, justru harus kita jadikan partner bisnis kita. Karena pada akhirnya jika kita memiliki hubungan yang baik dengan pesaing kita, bukannya saling membunuh tapi saling membantu dan melengkapi  satu sama lain.
Yang terakhir, yang sangat berkaitan erat dengan saran sebelumnya adalah memiliki strategi bisnis yang baik dan tepat. Kapan kiat menahan barang, kapan kita melepas barang. Kapan kita harus melakukan ekspansi bisnis, kapan kita harus menahan ekspansi kita dan lain sebagainya. Hal ini sangat berpengaruh pada peningkatan penjualan / omset usaha kita. Jangan sampai kita rugi dengan kebijakan yang kita buat sendiri.
Bagaimana? Tertarik dengan bisnis perdagangan kain? Untung per kilo mungkin hanya sekitar Rp. 10.000,-. Tapi bayangkan kalau kita menjual dalam satuan ton. Pasti banyak keuntungan yang akan kita dapatkan. Semoga bermanfaat dan mulailah melangkah sekarang juga. Good Luck!